E-Business Revenue Model
Revenue Models
Tidak semua E-Commerce bertujuan untuk menyediakankeuntungan, banyak pula E-Commerce yang bertujuan untukmenekan biaya pelanggan atau pemasok. Berikut jenis-jenisRevenue Models :
•
Web Catalog
•
Digital Content
•
Advertising-Supported
•
Advertising-Subscription Mixed
•
Fee Based
Keseluruhan model pendapatan ini dapat dilakukan baik untukC2C ataupun B2B dan B2C.
Web Catalog Revenue Model
Kalatog yang tercetak dapat digantikan dengan
1.
Peranan langsung melalui website/telepon
2.
Pembayaran secara elektronik
3.
Menawarkan fleksibilitas
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Computer and Consumer Service; Book, Music and Video; Luxury Goods; Clothing; Flowers and Gifts; danGeneran Discounters.
Digital Content Subscription Revenue Model
Perusahaan memiliki hak atas informasi maupun tulisan :
•
Menggunakan web sebagai mekanisme distribusi informasiyang sangat efisien,
•
Caranya dengan menggunakan model pendapatan kontendigital, yaitu menjual akses terhadapat informasi dengancara berlangganan
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Legal Content; Academic Research Content;Business Content; dan Technical Content.
Advertising Supported Revenue Models
Siaran TV menyediakan program gratis namun terdapat pesan-pesan iklan komersil. Iklan online terdapat 2 permasalahan yangumum terjadi, yaitu :
•
Sulitnya melakukan pengukuran dan pengenaan biaya padapengunjung (Contoh : Biaya iklan per visitor, per click ?)
•
Menarik pengiklan besar (Contoh : butuh informasiberdasarkan demografik)
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Web Portals; Newspaper and Magazine Publisher; dan Targeted classified advertising sites.
Advertising-subscription Mixed Revenue Model
Model di mana pelanggan membeli surat kabar/majalah, tapididalamnya banyak iklan. Begitu juga diadopsi bisnis online dimana :
•
Pelanggan membayar, namun iklan tetap muncul
•
Meskipun jumlah iklan lebih sedikit disbanding situs web.
Fee-for-transaction Revenue Model
Membeli secara offline lebih mahal daripada secara online :
1.
Value Chain
b.
Disintermediation : penghilangan peran agen,
c.
Reintermediation : Intermediary baru berperan.
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Travel; Automobile Sales; Stockbrokers; danInsurance Brokers.
0 komentar:
Posting Komentar