E-Business Revenue Model

| Rabu, 25 September 2013

E-Business Revenue Model

Revenue Models
Tidak semua E-Commerce bertujuan untuk menyediakankeuntunganbanyak pula E-Commerce yang bertujuan untukmenekan biaya pelanggan atau pemasok. Berikut jenis-jenisRevenue Models :
Web Catalog
Digital Content
Advertising-Supported
Advertising-Subscription Mixed
Fee Based
Keseluruhan model pendapatan ini dapat dilakukan baik untukC2C ataupun B2B dan B2C.

Web Catalog Revenue Model
Kalatog yang tercetak dapat digantikan dengan
1.
Peranan langsung melalui website/telepon
2.
Pembayaran secara elektronik
3.
Menawarkan fleksibilitas
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Computer and Consumer ServiceBook, Music and VideoLuxury GoodsClothingFlowers and GiftsdanGeneran Discounters.

Digital Content Subscription Revenue Model
Perusahaan memiliki hak atas informasi maupun tulisan :
Menggunakan web sebagai mekanisme distribusi informasiyang sangat efisien,
Caranya dengan menggunakan model pendapatan kontendigital, yaitu menjual akses terhadapat informasi dengancara berlangganan
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Legal ContentAcademic Research Content;Business Contentdan Technical Content.

Advertising Supported Revenue Models
Siaran TV menyediakan program gratis namun terdapat pesan-pesan iklan komersil. Iklan online terdapat 2 permasalahan yangumum terjadiyaitu :
Sulitnya melakukan pengukuran dan pengenaan biaya padapengunjung (Contoh : Biaya iklan per visitor, per click ?)
Menarik pengiklan besar (Contoh : butuh informasiberdasarkan demografik)
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu Web PortalsNewspaper and Magazine Publisherdan Targeted classified advertising sites.

Advertising-subscription Mixed Revenue Model
Model di mana pelanggan membeli surat kabar/majalahtapididalamnya banyak iklanBegitu juga diadopsi bisnis online dimana :
Pelanggan membayarnamun iklan tetap muncul
Meskipun jumlah iklan lebih sedikit disbanding situs web.

Fee-for-transaction Revenue Model
Membeli secara offline lebih mahal daripada secara online :
1.
Value Chain
b.
Disintermediation : penghilangan peran agen,
c.
Reintermediation : Intermediary baru berperan.
Contoh beberapa kategori bisnis dengan model pendapatanseperti ini : yaitu TravelAutomobile SalesStockbrokersdanInsurance Brokers.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲