The Second Wave of Global E-Business Part 2

| Selasa, 17 September 2013

The Second wave of Global Business
Kekuatan Economy dan E-Commerce
Pasar membentuk pertemuan antara penjual dan pembeli
Para penjual berpotensi datang menghubungi para pembeli
Untuk bisa bertemu , negoisasi dan jual beli membutuhkan biaya transaksi

Biaya transaksi à total biaya yang terjadi pada penjual dan pembeli. Biaya-biaya tersebut bisa terjadi ketika mengumpulkan informasi dan negoisasi. Termasuk biaya broker, komisi penjualan,biaya pencarian,dll.

Market and Hierarchies
Analisis Coase : untuk menggantikan/menghilangkan biaya transaksi : gantikan dengan membentuk organisasi secara hirarki. Hal tersebut menggantikan biaya negoisasi, hanya tinggal melakukan supervise yang kuat dan pengawasan pekerja. Contohnya dengan membangun manufaktur dari hulu ke hilir.
Analisis Oliver Williamson : lebih jauh oliver memperbaiki analisis Coase :
Manufaktur terlalu complex , untuk menyederhanakan bisa dilakukan dengan mengorganisir secara hirarki yaitu integrasi vertical. Contohnya dengan partnership , ini akan mahal bila dilakukan secara tradisional.
Integrasi Vertikal
Yaitu penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan yang aktivitasnya berhubungan secara vertical meliputi pengadaan bahan baku dan sumber daya lain, proses produksi hingga pemasaran ke konsumen.
Menekan biaya transaksi menggunakan e-commerce
Model interaksi vertical bisa diubah oleh e-commerce dengan cara atraktif, tekhnologi internet mampu membentuk organisasi yang terintegrasi secara virtual. Beberapa biaya transaksi yang dapat ditekan : transaksi yang dilakukan oleh karyawan seperti telecomuniting
Struktur Jaringan Elektronik
Strategi alliansi : kerjasama strategi, sumber daya dan keterampilan untuk jaringan panjang dengan perusahaan atau individu. Istilah dari internetnya virtual companies
Strategic partners : entitas untuk aliansi disebut partner strategis, terbentuk untuk aktivitas proyek khusus
Network organization : untuk orang yang memerlukan interaksi informasi yang intensif. Contohnya : industry sweater
E-commerce mampu membuat jaringan antara perajut, peneliti, pasar, dealer.
Efek jaringan :
Seperti halnya law diminishing return yakni mengkonsumsi barang bila pertama kali di konsumsi kenikmatannya akan penuh atau puas. Namun , apabila dikonsumsi terus menerus maka kenikmatannya akan berkurang (terjadi penyusutan nilai)
Network effect : kebalikan dari law diminishing return , jadi semakin banyak berpartisipasi maka makin bernilai contohnya jaringan telepon, email, media social (terjadi peningkatan nilai)
E – Commerce dan Jaringan
Untuk membentuk e-commerce yang efektif : memanfaatkan jaringan , meningkatkan nilai pada jaringan bisa merujuk pada model value chain. Value chain dari Michael Porter mengidentifikasi , primary activities, supporting activities.
Industry Value Chain
Mempelajari dimana strategic business unit menyesuaikan dengan industry.
Value System Value Chain milik Porterà menggambarkan aktivitasnya yang lebih besar dibagi kedalam bisnis unit-unit kecil sebagai bagiannya. Sedangkan industry value system merujuk pada nilai suatu system.
Isu kepercayaan di web : kepercayaan bisa bergantung pada brandname, dimana kalau lewat web itu tidak tahu atau mengenal satu sama lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲