E-Business Revenue Models (Part 2)

| Rabu, 02 Oktober 2013

Chapter 4 : E-Business Revenue Models (Session2)

Revenue Models in Transition
Kebutuhan pengguna web terus berubah dan baruhal tersebutmenyebabkan perusahaan harus dinamis dan berubah dalammenetapkan model pendapatannya. Untuk menangani haltersebutbeberapa perusahaan membuat situs e-commercenamun memerlukan waktu yang cukup lama dalam memperolehprofit (Contoh : CNN dan ESPN). Karena tidak memenuhistandar tujuanbeberapa perusahaan mengubah model bisnisatau keluar dari bisnis dikarenakan fase pertumbuhan yang tidakmenguntungkan.

Subscription to Advertising-supported Models
Salah satu contoh yang dapat menunjukkan transisi ini adalahMicrosoft. Microsoft membangun Slate Magazine. Slate Magazine bertujuan untuk mempublikasikan berita dan kejadianterkini sehingga memunculkan ekspektasi yang tinggi karenaberisikan jurnalistik berpengalaman.
Sumber pendapatan awal dari dari Slate Magazine adalahlangganan awalsehingga tidak mampu menutup biayaoperasional secara keseluruhan. Dari subscription berubahmenjadi advertising-supportedsehingga kini Slate Magazinemenjadi bagian dari portal Bing.

Advertising-supported to Advertising Subscription Mixed Models
Salon.com merupakan salah satu contoh yang mumpuni dalammenjelaskan transisi ini. Sumber pendapatan awal dariSalon.com yaitu melalui advertising-supportednamun haltersebut belum cukup karena Salon.com tetap memerlukan danatambahan untuk menutupi biaya operasionalnya.
Salon.com melakukan transisi model pendapatannya denganmenawarkan pilihan versi pelanggan dengan melakukanpembayaran untuk Salon Premium.

Advertising-supported to Fee-for-transaction Services Models
XDrive Technologies memberikan salah satu layanan untuk userdapat melakukan penyimpanan file secara gratis. Walau gratis,XDrive Tech. memperoleh pendapatannya dengan iklan,pengguna mendapatkan e-mail iklannamun hal tersebutkembali tidak dapat menutupi biaya operasional.
Pada tahun 2005, XDrive dibeli oleh AOL. Semenjakpengakuisisian tersebutXDrive beralih ke subscription-supported model. Jika dahulu memberikan layanan secara gratis,kini mematok harga bulanan. Hal tersebut terjadi sampai AOLdinyatakan gulung tikar usaha pada tahun 2009.

Advertising-supported to Subscription Models
Contoh yang menggambarkan transisi ini adalah Northen Light.Pada tahun 1997, Northen Light diciptakan sebagai searchenginge. Memiliki database sendiri dan memiliki artikel jurnalsendiri sehingga mampu mendukung mesin pencariannya.
Sumber pendapatan awal dari Northen Light adalah campurandari advertising-supported modelditambahn dengan fee-based information access service. Namun Pendapatan iklan saja tetaptidak mampu menutupi biaya.
Kemudian melakukan transisi menjadi subscription-supported revenue model dengan target utama adalah klien perusahaanbesar dan individu pilihan bayar bulanan untuk akses artikel.

Multiple Transition
Encyclopedia Britannita merupakan panduan internet Britannitapada tahun 1994. Kemudian secara perlahan EncyclopediaBritannita menjadi situs on-line. Sumber pendapatannya adalahsitus langganan berbayar namun memiliki penjualan ataupendapatan yang rendah. Sehingga melakukan transisi ke free-advertiser supported pada tahun 1999. Namun pendapatan justrusemakin menurun. Dengan pertimbangan manajemenakhirnyadiubah ke model campuran.

REVENUE STRATEGY ISSUES
Channel, Conflict and Cannibalization

Perusahaan khawatir bahwa situs perusahaan menutupusaha situs-situs penjualan dari outlet jaringannya.

Contoh : Levi Strauss.

Strategy Alliances

Dua perusahaan bergabung menjadi satu untuk periodejangka panjang.

Contoh : Yoddle.com. Yang merupakan jasa agresisasiakuntansi. Yoddle.com focus terhadap perkembanganteknologi dan layanan.

Contoh lainnya adalah Amazon yang bergabung denganTarget, CDNow dan ToysRUSNamun terjadi perselisihanantara Amazon dengan ToysRUS.

CREATING AN EFFECTIVE WEB PRESENCE
Keberadaan sebuah organisasi sangatlah penting. Para pebisnisdunia fisik menunjukkan keberadaan dengan adanya gedung,tokopabrik dan gudang. Keberadaan suatu organisasidisampaikan dalam bentuk public image kepada stakeholder.

a.

Identifying web presences goals
Bisnis secara fisik :

FOkus pada sasaran tertentu,

Kebutuhan akan imej perusahaan,

Harus memuaskan berbagai pihak,

Perlu Biaya
Bisnis secara virtual (website) :

Menciptakan keberadaan yang khas antara satu organisasidengan organisasi lainnya,

Desain situs yang baik mampu menyediakan fitur-fituruntuk menciptakan dan meningkatkan citra yang efektif.
Tujuannya adalah :

Menarik pengunjung,

Menjaga pengunjung agar tetap tinggal danmengeksplorasi,

Meyakinkan pengunjung untuk ikut link agar dapatmemperoleh informasi.

b.

Membuat kehadiran web yang konsisten dengan citramerk (Brand Image)

Setiap perusahaan menetapkan tujuan keberadaan web yangberbeda,

Contoh : Situs web Coca-cola vs situs web Pepsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲