The Second Wave of Global E-Business

| Rabu, 11 September 2013
Chapter 1 : The Second Wave of Global E-Business

Sejarah E-Commerce
E-Commerce dikenal tahun 90’-an semenjak itu terus berkembang pesat sehingga pada era 1990 hingga 2000, menjadi era yang dikenal “dot-com boom”, kemudian diikuti dengan era “dot-com bust”. Pada tahun 2000 hingga 2003, menjadi sebuah masa-masa suram E-Commerce, hal ini dikarenakan kegagalan dari bisnis di Internet. Setelah era 2003, mulai tanda-tanda kehidupan yang baru, di mana penikmat E-Commerce bias semakin memperoleh laba dan keuntungan melalui bisnis di dunia maya tersebut.
Pada tahun 2008, terjadi krisis moneter suatu resesi umum yang mengakibatkan proses transaksi di E-Commerce menjadi sangat langka. Baru di era tahun 2010, munculah the second wave yang merupakan titik balik dari E-Commerce dan bisnis di dunia maya lainnya.

Pengertian E-Commerce
E-Commerce merupakan proses berbelanja di website, perdagangan yang mempertemukan para pebisnis satu dengan yang lainnya yang saling menjajakan barang dagangnya.

Kategori E-Commerce
·       B2C (Business to Consumer), yaitu proses berbelanja di web dengan menjajakan barang untuk dikonsumsi. Contoh : Amazon, Walmart, dsb,
·       B2B (Business to Business), yaitu transaksi perdagangan online antar pebisnis. Hal ini seperti hubungan dengan vendor atau supplier sehingga barang yang diperdagangkan akan diproses atau diolah kembali untuk kemudian dijual kepada pihak ketiga.
·       C2C (Customer to Customer), contoh yang sangat menunjukkan proses ini adalah eBay.
·       B2G (Business to Government), yaitu proses di mana pemerintah menjadi sasaran (pembeli) dari perusahaan atau pedagan swasta.

Perbedaan First Wave dengan Second Wave
·       Integrasi Tehnik di Internet
·       1st wave : Barcode atau Scanner
·       2nd wave : Smartcards, dsb,
·       E-mail
·       1st wave : tidak terstruktur
·       2nd wave : terintegrasi dengan marketing, dsb.
·       Sumber Pendanaan
·       1st wave : online advertising
·       2nd wave : Internet advertising
·       Penjualan Produk Digital
·       1st wave : Penuh dengan kesulitan
·       2nd wave : disesuaikan dengan teknologi yang tersedia
·       Strategi Bisnis
·       1st wave : kepercayaan first mover
·       2nd wave : tidak bergantung pada first mover, di berbagai kasus, follower bias lebih baik.

Hirarki dari Business Process
·       Aktivitas : kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja dalam proses melakukan pekerjaannya.
·       Proses bisnis : satu rangkaian aktivitas melalui langkah-langkah terpadu sesuai prosedur untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Pengembangan dan Pertumbuhan di E-Commerce
Jika dulu dikenal dengan nama EPT (Electronic Funds Transfer), maka kini lebih diutamakan EDI (Electronic Data Interface).

Dot-com Boom, Dot-com Bust, dan Rebirth
·       1997-2000 : implementasi yang buruk,
·       2000-2003 : sekitar $ 200 juta diinvestasikan sehingga mulai berkembang lagi,
·       2003-2009 : resesi ekonomi global.

Karakteristik Gelombang Pertama dan Kedua
1.     Cakupan Regional
·       1st wave : fenomena USA, menggunakan bahasa Inggris,
·       2nd wave : translasi ke multi bahasa dan konversi ke mata uang local.
2.     Modal Awal
·       1st wave : mudah diperoleh
·       2nd wave : perusahaan menggunakan modal sendiri.
3.     Teknologi Internet
·       1st wave : lambat dan mahal

·       2nd wave : koneksi broadband yang cepat dan murah.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲