Chapter
1 : The Second Wave of Global E-Business
Sejarah
E-Commerce
E-Commerce dikenal tahun 90’-an semenjak
itu terus berkembang pesat sehingga pada era 1990 hingga 2000, menjadi era yang
dikenal “dot-com boom”, kemudian
diikuti dengan era “dot-com bust”.
Pada tahun 2000 hingga 2003, menjadi sebuah masa-masa suram E-Commerce, hal ini
dikarenakan kegagalan dari bisnis di Internet. Setelah era 2003, mulai
tanda-tanda kehidupan yang baru, di mana penikmat E-Commerce bias semakin
memperoleh laba dan keuntungan melalui bisnis di dunia maya tersebut.
Pada tahun 2008, terjadi krisis moneter
suatu resesi umum yang mengakibatkan proses transaksi di E-Commerce menjadi
sangat langka. Baru di era tahun 2010, munculah the second wave yang merupakan titik balik dari E-Commerce dan
bisnis di dunia maya lainnya.
Pengertian
E-Commerce
E-Commerce merupakan proses berbelanja
di website, perdagangan yang mempertemukan para pebisnis satu dengan yang
lainnya yang saling menjajakan barang dagangnya.
Kategori
E-Commerce
·
B2C (Business to Consumer), yaitu proses
berbelanja di web dengan menjajakan barang untuk dikonsumsi. Contoh : Amazon,
Walmart, dsb,
·
B2B (Business to Business), yaitu transaksi
perdagangan online antar pebisnis. Hal ini seperti hubungan dengan vendor atau
supplier sehingga barang yang diperdagangkan akan diproses atau diolah kembali
untuk kemudian dijual kepada pihak ketiga.
·
C2C (Customer to Customer), contoh yang
sangat menunjukkan proses ini adalah eBay.
·
B2G (Business to Government), yaitu proses di
mana pemerintah menjadi sasaran (pembeli) dari perusahaan atau pedagan swasta.
Perbedaan
First Wave dengan Second Wave
·
Integrasi Tehnik
di Internet
·
1st
wave : Barcode atau Scanner
·
2nd
wave : Smartcards, dsb,
·
E-mail
·
1st
wave : tidak terstruktur
·
2nd
wave : terintegrasi dengan marketing, dsb.
·
Sumber Pendanaan
·
1st
wave : online advertising
·
2nd
wave : Internet advertising
·
Penjualan Produk
Digital
·
1st
wave : Penuh dengan kesulitan
·
2nd
wave : disesuaikan dengan teknologi yang tersedia
·
Strategi Bisnis
·
1st
wave : kepercayaan first mover
·
2nd
wave : tidak bergantung pada first mover,
di berbagai kasus, follower bias
lebih baik.
Hirarki
dari Business Process
·
Aktivitas :
kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja dalam proses melakukan pekerjaannya.
·
Proses bisnis :
satu rangkaian aktivitas melalui langkah-langkah terpadu sesuai prosedur untuk
mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengembangan
dan Pertumbuhan di E-Commerce
Jika dulu dikenal dengan nama EPT (Electronic Funds Transfer), maka kini
lebih diutamakan EDI (Electronic Data Interface).
Dot-com
Boom, Dot-com Bust, dan Rebirth
·
1997-2000 :
implementasi yang buruk,
·
2000-2003 :
sekitar $ 200 juta diinvestasikan sehingga mulai berkembang lagi,
·
2003-2009 :
resesi ekonomi global.
Karakteristik
Gelombang Pertama dan Kedua
1.
Cakupan Regional
·
1st
wave : fenomena USA, menggunakan bahasa Inggris,
·
2nd
wave : translasi ke multi bahasa dan konversi ke mata uang local.
2.
Modal Awal
·
1st
wave : mudah diperoleh
·
2nd
wave : perusahaan menggunakan modal sendiri.
3.
Teknologi
Internet
·
1st
wave : lambat dan mahal
·
2nd
wave : koneksi broadband yang cepat dan murah.
0 komentar:
Posting Komentar