Selling to Customer Online

| Rabu, 16 Oktober 2013

SELLING TO CUSTOMER ONLINE
.
WEB MARKETING STRATEGIES
Pada bab ini menggambarkan bagaimana perusahaanmenggunakan web dalam strategi pemasaran mereka untukmengiklankan produk/jasanya dan mempromosikanreputasi perusahaan.

Dengan web perusahaan mampu mengklasifikasikanpelanggan dan memberikan pesan pilihan dengan profilpelanggan.

4 P dari Marketing :
Productàitem fisik/jasa yang dijual perusahaan,brandpersepsi masyarakat
Priceàjumlah pelanggan membayar untuk produk
Placeà bagaimana produk tersebut dapat tersediadibanyak tempat
Promotion àsetiap sarana untuk menyebarkaninformasi produk
Dalam menampilkanproduk/jasa di website  bisa dilakukandengan 2 pendekatan strategy :
1.
Product Based Marketing Strategies
Web menampilkan sesuai dengan pengelompokkankategori produk yang dimiliki. Contohnya , Home Depot.Pelanggan mencari apa yang diinginkan berdasarkanpengkategorian produk tersebut.
2.
Customer Based Marketing Strategies
Web menampilkan sesuai dengan kategori pengunjungyang datang. Pengunjung masuk ke group dan subgroupsesuai dengan profil masing-masing.Contohnya,www.sabre.com

.
COMMUNICATING WITH DEFFERENT MARKET SEGMENTS
Media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepadapelanggan.
.
Dunia nyata : menggunakan konstruksi bangunan yangkokoh ruangannyaContohnya, bank dimana konstruksibangunannya kokohpelayanannyaaman dan nyaman .
.
Dunia maya : pemilihan media komunikasi sangat kritis,karena tidak adanya keberadaan secara fisikkontrakpelanggan melalui proyeksi media dan website.
.
Tantangan dunia maya : memperoleh kepercayaanpelanggan tanpa keberadaan secara fisik.

TRUST, COMPLEXITY AND MEDIA CHOICE
Web merupakan ditengah-tengah antara media masa dankontak personal.

Keuntungan berkomunikasi dengan pelanggan melalui web :
Lebih hemat disbanding media massa
Penjualan ke kontak personal yang berbeda satu samalain dengan efektif
Meskipun menawarkan lewat media massa memilikitingkat kepercayaan yang rendahNamunmasihsangat sukses karena biaya yang dikorbankan bisatersebar ke banyak orang. Contohnya , menggunakaniklan itu biayanya besar sekalitetapi di lihat olehjutaan orang.
Factor yang menentukan dalam memilih media massa :
Media massa : cocok mempromosikan produk yangmemiliki beberapa karakteristik dan mudah dipahami.Contohnyamobilobat,kosmetik itu menggunakanpesan-pesan singkat dan informasi dasar.
Personal kontak : cocok ketika mempromosikanproduk/layanan yang sangat kompleksdimanakemungkinan akan menimbulkan banyakpertanyaandari pelangganContohnyaasuransi.
Website : menempati jalan tengahmenawarkanberbagai elemenpesan media massainteraksi kontakpersonal.
Setelah bertahun-tahun berpengaruhi iklan di tv danradio. Saat ini orang-orang banyak yang menolak pesan-pesanmelalui media massa , Karena input dasar media inipasif (hanya 1 arah). Penggunaan web lebihmemungkinkan mencari informasi secara aktif.
Model baru dari komunikasi individu/perusahaan itu web log/ blog. Memungkinkan ikon komentar pada artikelmelakukan eksperimen yang memanfaatkan sebagaisarana komunikasi. Contohnya : Blueflyàkomunikasi 2arah.
Market Segmentasi
Membagi pelanggan potensial pada beberapasegmenTahun 90-an melakukan praktik micro-marketing.
Menarget pelanggan dalam segmen yang sangatkecilbiaya promosi rendah juga menggunakanmedia massa tradisional jika dihitung per melihathasil jutaan orang (jika produknya umum)
Biaya promosi tinggi jika menggunakan mediamassa dengan biaya yang sama tapi dilihat hanyaorang-orang tertentu.
Tiga kategori dalam menentuka segmen pasar :
Geographic
Demographic
Psychographic
.
BEYOND MARKET SEGMENTATION, CUSTOMERS BEHAVIOUR AND RELATIONSHIP INTENSITY
Membagi pelanggan berdasrakan pengalaman danperilakunyakategori-kategori perilaku umum pada pelakuonlineà browser, buyers, shoppers


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲