SELLING TO CUSTOMER ONLINE
.
WEB MARKETING STRATEGIES
Pada bab ini menggambarkan bagaimana perusahaanmenggunakan web dalam strategi pemasaran mereka untukmengiklankan produk/jasanya dan mempromosikanreputasi perusahaan.
Dengan web perusahaan mampu mengklasifikasikanpelanggan dan memberikan pesan pilihan dengan profilpelanggan.
4 P dari Marketing :
•
Productàitem fisik/jasa yang dijual perusahaan,brandpersepsi masyarakat
•
Priceàjumlah pelanggan membayar untuk produk
•
Placeà bagaimana produk tersebut dapat tersediadibanyak tempat
•
Promotion àsetiap sarana untuk menyebarkaninformasi produk
Dalam menampilkanproduk/jasa di website bisa dilakukandengan 2 pendekatan strategy :
1.
Product Based Marketing Strategies
Web menampilkan sesuai dengan pengelompokkankategori produk yang dimiliki. Contohnya , Home Depot.Pelanggan mencari apa yang diinginkan berdasarkanpengkategorian produk tersebut.
2.
Customer Based Marketing Strategies
Web menampilkan sesuai dengan kategori pengunjungyang datang. Pengunjung masuk ke group dan subgroupsesuai dengan profil masing-masing.Contohnya,www.sabre.com
.
COMMUNICATING WITH DEFFERENT MARKET SEGMENTS
Media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepadapelanggan.
.
Dunia nyata : menggunakan konstruksi bangunan yangkokoh ruangannya. Contohnya, bank dimana konstruksibangunannya kokoh, pelayanannya, aman dan nyaman .
.
Dunia maya : pemilihan media komunikasi sangat kritis,karena tidak adanya keberadaan secara fisik, kontrakpelanggan melalui proyeksi media dan website.
.
Tantangan dunia maya : memperoleh kepercayaanpelanggan tanpa keberadaan secara fisik.
TRUST, COMPLEXITY AND MEDIA CHOICE
Web merupakan ditengah-tengah antara media masa dankontak personal.
Keuntungan berkomunikasi dengan pelanggan melalui web :
•
Lebih hemat disbanding media massa
•
Penjualan ke kontak personal yang berbeda satu samalain dengan efektif
•
Meskipun menawarkan lewat media massa memilikitingkat kepercayaan yang rendah. Namun, masihsangat sukses karena biaya yang dikorbankan bisatersebar ke banyak orang. Contohnya , menggunakaniklan itu biayanya besar sekali, tetapi di lihat olehjutaan orang.
Factor yang menentukan dalam memilih media massa :
•
Media massa : cocok mempromosikan produk yangmemiliki beberapa karakteristik dan mudah dipahami.Contohnya, mobil, obat,kosmetik itu menggunakanpesan-pesan singkat dan informasi dasar.
•
Personal kontak : cocok ketika mempromosikanproduk/layanan yang sangat kompleks, dimanakemungkinan akan menimbulkan banyakpertanyaandari pelanggan. Contohnya, asuransi.
•
Website : menempati jalan tengah, menawarkanberbagai elemen, pesan media massa, interaksi kontakpersonal.
Setelah bertahun-tahun berpengaruhi iklan di tv danradio. Saat ini orang-orang banyak yang menolak pesan-pesanmelalui media massa , Karena input dasar media inipasif (hanya 1 arah). Penggunaan web lebihmemungkinkan mencari informasi secara aktif.
Model baru dari komunikasi individu/perusahaan itu web log/ blog. Memungkinkan ikon komentar pada artikelmelakukan eksperimen yang memanfaatkan sebagaisarana komunikasi. Contohnya : Blueflyàkomunikasi 2arah.
Market Segmentasi
•
Membagi pelanggan potensial pada beberapasegmen. Tahun 90-an melakukan praktik micro-marketing.
•
Menarget pelanggan dalam segmen yang sangatkecil, biaya promosi rendah juga menggunakanmedia massa tradisional jika dihitung per melihathasil jutaan orang (jika produknya umum)
•
Biaya promosi tinggi jika menggunakan mediamassa dengan biaya yang sama tapi dilihat hanyaorang-orang tertentu.
•
Tiga kategori dalam menentuka segmen pasar :
Geographic
Demographic
Psychographic
.
BEYOND MARKET SEGMENTATION, CUSTOMERS BEHAVIOUR AND RELATIONSHIP INTENSITY
Membagi pelanggan berdasrakan pengalaman danperilakunya, kategori-kategori perilaku umum pada pelakuonlineà browser, buyers, shoppers
0 komentar:
Posting Komentar